Friday, 27 April 2018

5 Kelebihan Nokia X Yang Tidak Dipunyai Oleh Smartphone Lain,Langsung Cek!!


Setelah memperkenalkan Nokia 6 (2018) dan Nokia 8 Sirocco di event MWC (Mobile World Congress) 2018, HMD Global disebut akan memperkenalkan ponsel terbaru Nokia. Ponsel ini diberi nama Nokia X.

Iklan teaser Nokia X ini dilaporkan sudah beredar di China. Dari iklan tersebut disebukan bahwa HMD Global akan mengungkap Nokia X pada tanggal 27 April 2018. Iklan tersebut pun menampilkan gambar render dari Nokia X.

Sayang, HMD Global belum menyebut spesifikasi dan detail dari Nokia X. Namun, menurur rumor yang beredar Nokia X bakal punya varian RAM 4 GB dan 6 GB dengan chipset antara Qualcomm Snapdragon atau menggunakan MediaTek.

Hingga berita ini tayang masih belum diketahui juga apakah ponsel ini akan tersedia di pasar-pasar Amerika atau hanya di Asia. Handset dengan nama Nokia X sendiri sejatinya sudah pernah ada di tahun 2014, kala Nokia masih milik Microsoft. Nokia X ini memakai Android, tapi tampilan layarnya mirip Windows Phone.

Namun, kemungkinan Nokia X yang terbaru ini tidak ada hubungannya dengann ponsel-ponsel yang diperkenalkan terdahulu. Belum diketahui juga apakah ponsel ini dibaca 'ex' atau 'ten'. Untuk sementara waktu, kita tunggu saja kelanjutan informasinya

Nah ini dia kelebihan dari smartphone NOKIA X :

1. Masuk Jajaran Smartphone Yang Relatif Murah



Nokia X resmi dijual di Indonesia pada 12 April 2014 dengan harga Rp 1,6 juta. Dalam penjualan perdana tersebut, Nokia memberikan potongan harga Rp 400.000 selama tanggal 12 dan 13 April di Central Park, Jakarta. Kami juga telah menghubungi pihak Microsoft untuk mengetahui performa penjualan Nokia X selama tahun 2014 silam.

2. Nama Sistem Android Yang Berbeda



Dalam mengembangkan dan menggunakan Android, Nokia hanya memakai lisensi Android Open Source Project (AOSP) dari Google. Pada lisensi ini, Google mengizinkan siapa saja untuk memanfaatkan Android secara gratis. Google telah memantapkan komitmen bahwa Android adalah sistem operasi yang bersifat open source. Android yang dipakai pada Nokia X saat ini adalah versi 4.1.2 Jelly Bean. Sistem operasi Android versi Nokia ini disebut Nokia X Software Platform.

3. Tampilan User Interface Layaknya Windows Phone



Walaupun Nokia X menggunakan Android sebagai sistem operasinya, namun smartphone ini menggunakan antarmuka yang berbeda dibandingkan dengan smartphone Android lainnya. Nokia sendiri melakukan banyak modifikasi pada Android, termasuk mengubah agar tampilan Nokia X terlihat seperti Windows Phone – bernama Lives Tiles. Nokia X memilih FastLane UI yang berbentuk kotak-kotak mirip dengan tampilan Modern UI milik Windows Phone.

4. Tidak Adanya Google Service



Hal ini masih berkaitan dengan poin nomor 2, Nokia tidak membeli lisensi Google Mobile Service (GMS) dari Google. Hal inilah yang menyebabkan Nokia X tidak menyediakan secara langsung aplikasi inti Android, seperti aplikasi asli Gmail, Google Maps, Chrome, YouTube, Hangouts, Google+, Google Drive, dan Google Search.

5. Toko aplikasi bukan dari Play Store


Nokia X memang memakai basis sistem operasi Android yang dikembangkan Google. Namun, sistem Nokia X tidak menyediakan akses ke Google Play Store.

Nokia juga membangun sistem pembayaran sendiri untuk pembelian konten digital dalam aplikasi. Sistem in-app purchase juga harus menggunakan API dari Nokia karena aplikasi tersebut akan ditawarkan di Nokia Store, bukan Google Play Store. Selain Nokia Store, pengguna Nokia X dapat meng-install aplikasi Android dengan mentahan aplikasi sendiri – yang terkenal dengan format .APK – secara side load atau dari toko online dari pihak ketiga seperti Yandex, Mobango, SlideMe dan lainnya.

Bagaimana menurut kalian?keren bukan kelebihan yang dimiliki oleh smartphone Nokia X.

No comments:

Post a Comment