Thursday, 4 January 2018

2 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Jualan di Media Sosial

Di era digital yang sudah serba canggih dan mutakhir ini, segala aktivitas menjadi lebih mudah dan praktis. Hal ini juga terjadi pada dunia bisnis yang mulai merasakan manfaat dari teknologi yang semakin berkembang dan canggih, baik itu bisnis baru, lama, besar, hingga pemula sekali pun. Karena segalanya bisa memanfaatkan teknologi yang semakin canggih yang salah satunya adalah ajang jualan di media sosial. Hal ini sudah terjadi dan dirasakan oleh kebanyakan pengusaha online yang telah mendapatkan income hingga ratusan juta rupiah hanya bermodalkan promosi di media sosial saja.


Hal ini sudah bukan hal yang aneh lagi, kalau sosial media adalah pasar yang sangat menguntungkan karena mendatangkan banyaknya pelanggan dibandingkan dengan berjualan melalui offline saja. Perlu disadari kalau pengguna sosial media bukan hanya semakin banyak peminatnya, melainkan pengguna akan menjadi kecanduan hingga menjadi pengguna yang setia. Terbukti sudah, kalau kita sering melihat orang, di kereta, di jalan, di taman, di mana saja kebanyakan orang-orang merunduk karena lihat androidnya masing-masing. Tentunya yang mereka pantengin ya sosial media seperti instagram, facebook, path, twitter, dan lain-lain.
Nah, dengan adanya fenomena tersebut, kita musti memanfaatkannya sebaik mungkin ke hal yang positif. Jualan di media sosial contohnya. Dengan begitu, kita bisa meraup untung yang lebih berpotensi lagi, dibandingkan berjualan via offline. Namun, semakin banyaknya orang yang tahu kalau peluang jualan melalui media sosial lebih berpotensi, semakin banyak dan ketat pula persaingannya. Tentunya, semua orang ingin meraup keuntungan sebesar-besarnya dalam memasarkan produknya. Benar bukan? Jadi, kita perlu tahu apa saja yang trik jitu dalam memasarkan produk melalui sosial media. Berikut ini adalah cara memasarkan produk melalui sosial media. Simak terus ya.

Konten

Konten adalah hal terpenting dalam memasarkan suatu produk. Coba kita pikirkan, orang mau membaca jika informasi atau konten itu menarik. Tentunya hal ini juga berlaku dalam memasarkan produk. Jika kita memiliki konten yang menarik, orang akan mau menengok dan mampir sejenak membaca informasi dan melihat produk-produk kita. 


Konten yang menarik adalah konten yang enak dan informatif ketika dibaca oleh pengunjung atau calon pelanggan. Seperti contohnya adalah kalau kamu jualan kosmetik, sebaiknya jangan memasarkan produk kamu melulu. Coba kamu buat konten atau status facebook yang berisi informasi tentang kecantikan, seperti tips memutihkan wajah secara alami, tips merawat kecantikan di usia muda, dan lain sebagainya. Karena, orang tidak akan membaca dan bosa dengan konten kamu, jika isinya hanya promosi melulu. Yang ada, calon pelanggan bakal kabur dan toko online kamu bakal keseian deh.
Dengan adanya konten yang menarik untuk dibaca, biasanya ada pengunjung yang mau membagikan atau share konten kamu. Karena mereka merasa perlu membagikan informasi tersebut agar semua temannya bisa tahu kalau ada informasi yang menarik. Semakin banyak yang share konten kamu, maka semakin besar peluang kamu dalam berjualan untuk mendatangkan pelanggan. Bukan begitu? Otomatis, konten kamu bakal viral, termasuk produk yang kamu jual.
Selain konten yang menarik, kamu juga harus rutin memposting konten kamu setiap hari. Kalaupun kamu tidak sempat, kamu harus menjadwalkan posting konten setiap hari apa. Yang pastinya menjalankannya harus rutin dan konsisten. Tapi, ada baiknya kamu harus posting konten setiap hari, atau paling tidak 3 sampai 4 kali dalam sehari, agar pelanggan kamu tidak kabur ke produk lain. Ya kan? Buatlah konten yang bikin orang kepo dengan konten kita.

Promo

Kalau kamu sering melihat toko-toko besar seperti alfamart, indomaret, matahari store, dan lain sebagainya, pasti kamu sering melihat adanya promo yang beterbangan di toko-toko tersebut. Nah, inilah salah satu strategi marketing yang mereka jalani. Apalagi untuk jualan di media sosial. 


Buatlah permainan promo yang menarik pelanggan untuk mengikuti promo yang kamu buat. Semakin banyak pelanggan yang mengikuti promo, semakin besar juga peluang kamu mendapatkan pelanggan. Apalagi, semakin hari, semakin ketat persaingan dalam berjualan melalui media sosial. Jadi, kita perlu siasati hal ini dengan menggunakan permainan promo pada produk-produk kita. Kita perlu memenangkan hati pelanggan kita, untuk mendapatkan peluang yang besar. Tentunya kita juga perlu ingat istilah,
Win Win Solution
Dengan menggunakan sistem tersebut, maka pelanggan juga akan merasakan keuntungan juga dari promo-promo yang kita buat. Begitu juga dengan kita yang mendapatkan keuntungannya juga. Karena, bisa jadi ada produk yang serupa dengan produk yang kita jual. Jadi, kita perlu melakukan permainan promo untuk mendapatkan hati pelanggan dan tidak berpindah ke toko lain. 
Promo pun ada banyak jenisnya seperti promo give away, diskon, beli 1 gratis 1, dan lain sebagainya. Intinya buatlah promo yang lebih menarik dari pesaing kamu.

No comments:

Post a Comment